Mei 08, 2013


Bekerja merupakan kewajiban setiap manusia di muka bumi ini. Dengan bekerja kita telah melakukan dua hal utama sekaligus. Yang pertama adalah wujud peribadatan kepada Sang Khaliq selain menunaikan shalat.

62:10
Artinya:
Maka apabila telah dilaksanakan shalat, maka menyebarlah di muka bumi dan carilah karunia Allah serta ingatlah Allah sebanyak-banyaknya agar kamu sekalian beruntung. (QS. Al-Jumu'ah: 10).

Adapun hal yang kedua adalah sebagai usaha untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Dengan bekerja kita akan mendapatkan penghasilan, dan penghasilan tersebut dapat kita gunakan untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan kita sehari-hari.

Sebagai seorang muslim membaca doa sangat dianjurkan dan ditekankan dalam melaksanakan berbagai hal. Tidak terkecuali dalam bekerja. Sebelum bekerja kita dianjurkan membaca doa dengan tujuan mendapatkan ridha dan perlindungan-Nya dan diharapkan tujuan dapat tercapai.

Doa Sebelum Bekerja


بسم الله الرحمن الرحيم
اللهم إني أسألك من خير هذا العمل و خير ما فيه وأعوذ بك من شر هذا العمل و شر ما فيه


Bismillahirrahmanirrahim
Allahumma inni as'aluka min khoiri haadza-l-'amali wa khoiri maa fiihi wa a'uudzu bika min syarri haadza-l-'amali wa syarri maa fiihi

Artinya:
Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang.
Ya Allah, aku memohon kepadamu dari kebaikan pekerjaan ini dan segala kebaikan yang ada di dalamnya, dan aku berlindung padamu dari keburukan pekerjaan ini dan segala keburukan yang ada di dalamnya.

Doa Setelah Bekerja
اللهم إني أستوعدك عملي ونفسي وتوكلت على الله


Allahumma inni astau'iduka 'amalii wa nafsii wa tawakkaltu 'alaAllahi

Artinya:
Ya Allah, aku serahkan kepadamu pekerjaan serta diriku dan aku bertawakkal pada Allah.


Semoga dengan berdoa tujuan baik kita dapat tercapai dan diridhainya. usiikum wa nafsii.

0 komentar: